Kelola limbah selamatkan air
Diposting tanggal: 28 April 2013

Sejatinya sang pencipta memberikan bumi ini dalam keadaan murni, bersih tanpa ada polusi. Termasuk air yang terkandung didalamnya. Dijaman dahulu  manusia tidak perlu khawatir untuk meneguk air langsung dari  sumber air yang ada di bumi. Mereka tidak mencemaskan akan terjadinya gangguan kesehatan, karena memang air yang ada belum tercemar.

Kini  jaman jauh berubah. Jangankan mengkonsumsi air sungai,  di beberapa kota besar di Indonesia bahkan ada air sungai yang tidak layak untuk menyiram tanaman.  Kali  Ciliwung di Jakarta  misalnya, karena terlalu kotor maka sudah tidak layak lagi dimanfaatkan untuk menyiram tanaman.  Jangankan untuk menyiram tanaman, mendekat saja orang tidak mau karena sudah terlalu bau. 

Tidak hanya air sungai yang tercemar, airtanah juga mengalami hal yang sama. Semakin hari  semakin terbatas saja air yang tidak layak dikonsumsi.  Banyaknya limbah yang tidak diolah dan langsung  terserap tanah, mengakibatkan tercemarnya air yang bersumber dari tanah, baik airtanah dangkal maupun airtanah dalam.

Pencemaran semacam ini harus dicegah ! Inilah satu-satunya  jalan untuk menyelamatkan sumber-sumber air yang ada. Jika tidak, bisa dibayangkan betapa rusaknya bumi ini dan betapa sulitnya memperoleh sumber-sumber air bersih. Kuncinya,  jangan cemari sumber-sumber air dengan limbah. Baik di sungai maupun airtanah. Kata-kata “Jangan Cemari Sungaiku”,  jangan hanya jadi slogan saja.

Kini beberapa kota besar di Indonesia sudah mulai meresahkan terjadinya pencemaran akibat limbah yang  dibuang seenaknya. Masyarakat sudah mulai merasakan dampaknya. Dari mulai air sumur yang  tercemar ringan hingga banyaknya mahluk hidup yang harus mati karena terkontaminasi  bahan berbahaya.

Aturan dan perundang-undangan  sudah lebih keras mengatur tentang perlunya pengelolaan limbah. Pabrik-pabrik tidak hanya harus patuh terhadap aturan dan hukum. Mereka juga harus bertanggungjawab terhadap lingkungannya.

Sebagai lembaga yang memberikan perhatian terhadap pencemaran sumber-sumber air, ILWI siap membantu dalam pengelolaan limbah.