Desain pelabuhan dan pengerukan
Diposting tanggal: 28 April 2013

Pengembangan marina dan pelabuhan sering menjadi bagian yang integral dengan pelaksanaan pengembangan wilayah. Perancanaan pelabuhan didasarkan pada peran pelabuhan yang diinginkan dan rencana pengembangan  di masa mendatang. Pada pelabuhan, satu atau beberapa jenis muatan ditangani dan disimpan, seperti peti-kemas, break-bulk, neo-bulk, ro/ro dan penumpang.  Untuk memenuhi tuntutan fungsional ini pelabuhan  akan dilengkapi dengan unsur-unsur berikut:

- infrastruktur kelautan (seperti : kanal akses, cekungan pelabuhan, pemecah-gelombang, dll)

- infrastruktur darat (seperti : dermaga, reklamasi, jalan , drainase, dll) 

- suprastruktur (seperti : bangunan, gudang, bengkel, pelataran simpan peti kemas,dll )

Letak potensial untuk pengembangan pelabuhan dilakukan dengan memperhatikan kanal akses, cekungan pelabuhan, pemecah-gelombang, akses dari laut, penetapan fungsi, akses ke daratan, kondisi tanah lapisan-bawah, kemungkinan perluasan dan aspek lainnya.

Dalam evaluasi terhadap kondisi operasional haruslah dipahami bahwa manuver kapal pada perairan dangkal yang sempit sangat berbeda dengan  manuver pada kapal di perairan dalam laut terbuka. Karena alasan ini, dalam perencanaan dan evaluasi tapak pelabuhan informasi tentang pasang, arus, angin, gelombang, dan lain-lain, memainkan peran penting bersama dengan kondisi hidrografik dan topografik. Faktor-faktor ini sangat penting,  baik untuk kapal selama pelayaran maupun operasi penempat-sandaran serta untuk operasi penanganan barang. Secara bersama-sama semua faktor ini akan menentukan kemampuan operasi pelabuhan dan tempat-sandarnya.

Harus diingat juga bahwa sebagian besar kapal terutama didesain untuk lautan bebas, dan oleh sebab itu perubahan dramatis dapat terjadi pada karakteristik tanggapan kapal pada perairan dangkal. Manuver dan bersandar yang aman pada perairan yang terbatas membutuhkan desain dan tata-letak kanal pelayaran dan pelabuhan, dan pemahaman yang memadai atas gaya-gaya lingkungan yang dapat bekerja terhadap sebuah kapal.

ILWI membantu anda menyajikan desain pelabuhan dan pengerukan yang optimal.