Air Sumber Kehidupan
Diposting tanggal: 28 April 2013

Ancaman bumi kehabisan air mungkin baru datang ribuan tahun lagi. Akan tetapi ancaman kekeringan lahan dan keterbatasan air bersih tidak perlu menunggu waktu lama. Bahkan dibeberapa tempat di Indonesia kesulitan itu sudah harus dihadapi. Kekeringan lahan pertanian menjadi berita lazim dikala musim kemarau panjang. Upaya untuk mengatasi minimnya air disaat musim kering menjadi bagian dari harapan masyarakat pedesaan, terutama yang mengandalkan hidup dari hasil pertanian.

Harapan lain digantungkan masyarakat perkotaan. Semakin terbatasnya air bersih yang dapat digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari, mulai mengkhawatirkan mereka. Di kota Megapolitan Jakarta umpamanya, defisit terhadap kebutuhan air bersih mulai  dirasakan.

Terbatasnya distribusi air minum, tercemarnya airtanah, semakin berkurangnya sumber-sumber air baku, menjadi bagian dari penyebab kelangkaan air bersih di ibukota. Dengan memperhitungkan kebutuhan air  setiap  orangnya 150 liter per hari, maka diprediksi mulai tahun 2011, Jakarta akan mengalami defisit air. Ini artinya ibukota tidak lagi mampu menyediakan kebutuhan air  bagi warganya sendiri. Kesulitan itu sebenarnya sudah terlihat dalam beberapa tahun belakangan ini.

Kita harus memikirkan sumber air alternatif dan sekaligus kita harus lebih berhemat dengan air.

Permasalahan kebutuhan air  semacam ini harus segera diselesaikan, agar tidak merembet ke masalah-masalah lain berkaitan dengan  persoalan sosial kemasyarakatan. Tidak hanya di Jakarta dibanyak wilayah lain di Indonesia, sejak awal harus menentukan langkah-langkah penyelamatan sumber-sumber air yang ada.  

Air sebagai sumber kehidupan tidak mungkin akan bisa kita manfaatkan terus menerus, jika kita tidak mengatur dan mengukur pemakaiannya. Pengelolaan yang benar terhadap pemanfaatan sumber air dan menjaga kelestarian sumber air, adalah usaha yang harus dilakukan agar keberlanjutan kita dalam mengkonsumsi  air bisa terus terjaga.   

ILWI, selalu memberi perhatian dan akan selalu membantu pemikiran bagi  pihak-pihak yang kesulitan dalam mengelola sumber-sumber air untuk kehidupan.